Beranda > Komputer > Komputer Mekanik Pertama

Komputer Mekanik Pertama

Pada tahun 1820an, seorang matematikawan Inggris, Charles Babbage, mengembangkan sebuah ide komputer mekanik. Ide ini muncul setelah Babbage melihat kesamaan antara perhitungan matematika dengan gerakan mekanik, dimana gerakan mesin melakukan hal yang sama secara terus menerus.
Selama 50 tahun Charles Babbage bekerja untuk mengembangkan komputer mekanik tersebut. Pada tahun 1842, Babbage berhasil membuat komputer mekanik versi pertama yang disebut difference engine. Setelah itu, muncul versi-versi pengembangan yang lain. Versi terakhir dari komputer mekanik disebut mesin penganalisis (analytical engine).

Mesin penganalisis Babbage merupakan mesin pertama yang dapat diprogram. Mesin penganalisis Babbage menggunakan kartu-kartu berlubang yang serupa dengan yang digunakan di perkakas Jacquard untuk memilih operasi aritmetika tertentu yang ingin dilakukan pada setiap langkah. Penggunaan kumpulan kartu-kartu yang berbeda akan mengubah perhitungan yang dilakukan mesin. Konstruksi dari analytic engine tidak pernah dapat diselesaikan karena pada saat itu teknologi yang dibutuhkan untuk membangunnya belum tersedia.

Kategori:Komputer
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: