Beranda > Jaringan Komputer > Mengendalikan Jaringan

Mengendalikan Jaringan

Ada tiga jenis pilihan dalam melakukan autentikasi dalam jaringan internet. Pertama, menggunakan peranti yang secara gratis di-download di internet, misalnya program NoCat yang bekerja di sistem operasi Linux. Pilihan ini harus disertai dengan tenaga terampil dengan sertifikasi “grade A”, karena kalau dioperasikan secara setengah-setengah hasilnya adalah kegagalan.

Kedua, tenaga “grade menengah” dapat menjalankan peranti Mikrotik yang harus dibeli dengan nilai sekitar Rp 300.000 sampai Rp 1 juta, dan dapat mewujudkan pemantauan dan pembatasan kewenangan pelanggan internet. Semua fasilitas sudah disediakan di Mikrotik, hanya variasi-variasi untuk bidang bisnis dapat dikatakan sangat terbatas.

Dan ketiga, kombinasi peranti keras dan peranti lunak dapat mengatasi tenaga operator atau tenaga ahli di jaringan internet. Karena peranti ini biasanya dapat dijalankan langsung dengan mudah melalui web-base dan semua fungsi sudah disediakan dengan lengkap. Beberapa jenis peranti ini, misalnya IP3, ANTSLab atau Nomandix yang harganya sekitar 3.000-10.000 dollar AS.

Yang diinginkan oleh operator atau penyedia jasa jaringan internet (ISP) dan sebagian perusahaan yang mempunyai jaringan besar adalah mesin atau peranti lunak yang dapat mengendalikan jaringannya, serta memberi kewenangan yang sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan oleh pelanggannya. Misalnya, ada pelanggan yang hobinya men-download film, kita tinggal memberikan satu produk yang sesuai dengan keinginannya tersebut. Pada saat ini, antara pelanggan yang membayar mahal saling tumpang tindih dengan pelanggan yang bayar murah, karena hampir semua ISP belum mempunyai pola cespleng untuk mengatasi biaya tinggi yang harus dihadapi.

Dalam beberapa kondisi, besar investasi yang dikeluarkan akan setara dengan jumlah teknisi yang dipekerjakan. Jika perantinya murah, otomatis dibutuhkan tenaga yang banyak untuk memantau selama 24 jam, sedang peranti yang harganya mahal relatif dapat diandalkan dan membutuhkan pemantauan yang tidak terlalu intensif.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: