Beranda > Iseng - Iseng Asik Dibaca > cara untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat profil kita di facebook

cara untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat profil kita di facebook

Postingan ini saya buat untuk menjawab pertanyaan dari beberapa teman yang menanyakan, “Adakah cara untuk mengetahui siapa saja yang telah melihat profil kita di facebook ?”. Akan saya berikan jawaban dari pertanyaan tersebut, tapi sebelumnya baca dulu penjelasan saya mengenai fenomena user-user FB tentang “view profile” ini.

User FB sebenarnya cenderung memiliki keinginan untuk “eksis” di Facebook, selalu ingin dikomentar mengenai statusnya, ingin selalu ditag ketika salah satu teman mengupload sebuah foto, ingin memiliki ribuan teman, serta yang paling bikin penasaran sampai saat ini adalah ingin tahu siapa-siapa saja yang telah melihat profil dirinya di FB.

Mengapa saya sebut keinginan untuk “eksis”, tanpa sadar jawaban dari semua ini adalah sifat alami dari diri seorang manusia, entah itu memiliki tujuan tersendiri atau tidak, namun jika ditanya, Apakah anda senang memiliki ribuan teman ?, Apakah anda bahagia ketika komentar status anda sampai ratusan ?, dan Apakah anda puas jika semua orang sangat merespon tingkah laku anda di FB ?. Anda pasti tau jawaban dari semua itu.

Sudah sewajarnya bagi seorang manusia itu memiliki sifat untuk diperhatikan oleh orang lain, orang menganggap jika status kita banyak yang komen, itu berarti bahwa kita termasuk orang yang selalu diperhatikan oleh orang-orang yang komen tersebut, fenomena banyaknya teman-teman FB yang cantik maupun tampan pun bisa menganggap bahwa ia adalah seseorang yang GAUL karena memiliki banyak teman yang rupawan, tanpa kita tahu bahwa ia sebenarnya tidak terlalu kenal dengan orang-orang yang rupawan tersebut, ia hanya giat meng-add dan beruntung bisa di konfirmasi sama orang-orang yang cantik dan tampan itu. (maaf bagi yang tersinggung he he)

Tapi itu jangan bikin kita berprasangka buruk akan orang tersebut, bisa saja ia meng-add dengan tujuan yang baik dan ingin berkenalan saja tanpa ada niatan dan maksud terselubung, yah itulah manusia, sifat dasar alaminya yang memiki banyak parameter turunan yang sulit kita tebak.

Kembali ke topik, sifat penasaran seseorang memang sulit untuk dihilangkan, salah satu yang paling digemari saat ini adalah CARA UNTUK MENGETAHUI SIAPA SAJA YANG MELIHAT PROFIL KITA DI FB, berbagai cara dilakukan, mulai dari gabung ke sebuah group, meng-invite ke teman-teman, searching aplikasi yang bisa melakukannya, walaupun aplikasi tersebut tidak dapat dipercaya dan bukan tanggung jawab dari pihak facebook.

Untuk aplikasi banyak sekali yang ditawarkan seperti Pro Counter, Fan Check, dan lain sebagainya. Khusus untuk aplikasi Fan Check, aplikasi ini sudah ditutup karena banyaknya rumor yang mengatakan bahwa aplikasi ini mengandung malware dan virus, sebagai gantinya dibuatlah aplikasi baru bernama The All New Fan Check.

Tapi apakah semua aplikasi ini berjalan dengan semestinya, yaitu bertujuan untuk mencari siapa-siapa saja yang melihat profil kita di FB. Jikalau orang “awam” yang memakainya pasti akan menganggapnya demikian, namun mereka tidak sadar atau kelewat saat membaca keterangan aplikasi-aplikasi tersebut. Jika mereka sedikit teliti mereka akan sadar bahwa aplikasi itu dibuat bukan untuk tujuan melacak siapa-siapa saja yang melihat profil kita, tetapi berguna untuk melacak daftar user-user yang aktif untuk melakukan komentar, wall post, dan pada intinya TIDAK BISA MELACAK USER YANG MELIHAT PROFIL FB KITA.

Sekarang kita ganti caranya dengan bergabung ke group-group yang katanya menyediakan aplikasi khusus untuk permasalahan ini. Salah satu group yang akan saya sorot adalah group “CARA MENGETAHUI SIAPA YANG MELIHAT PROFIL FACEBOOK KITA”.

Benarkah group ini berfungsi sebagai mana mestinya, saya jawab dengan tegas TIDAK, group ini hanyalah akal-akalan para developernya yang ingin menarik pengunjung sebanyak-banyaknya entah untuk tujuan apa, dan Apakah anda tahu jumlah orang yang gabung ke group tersebut ada berapa ? kurang lebih 2 JUTA Anggota !.

Mengapa ini semua bisa terjadi ?, saya beritahu, sebenarnya pihak facebook tidak mengizinkan hal-hal seperti ini terjadi di situsnya, karena FB sangat menghargai privasi dari setiap user yang bergabung. Kita lihat kutipan berikut ini

Can I know who’s viewing my profile or how often it’s being viewed?
Facebook currently does not provide an application that allows users to track profile views or statistics on the views of any specific user content. Third party developers, however, may offer applications that provide some of this functionality. Please keep a few things in mind for these applications.

Kutipan tersebut saya ambil dari FAQ FB, dan anda pasti sudah tau artinya kan ?

Jika user ditanya, “Apakah anda mau tau siapa-siapa saja yang lihat profil kita di FB ?” serentak pasti mereka akan menjawab YA, namun jika ditanya, “Apakah anda mau, jika id anda dibocorkan ketika anda sedang melihat profil orang lain ?”, tanyakan pada diri anda sendiri, anda pasti tau jawabannya.

Tetapi apakah hal tersebut memang tidak mungkin untuk dilakukan ?, jawabannya TIDAK, banyak jalan menuju Roma, semua yang saya tunjukkan adalah cara yang biasa digunakan oleh orang-orang “awam” di bidang komputer, ksatria komputer yang sejati pasti akan menemukan cara untuk memecahkan setiap permasalahan yang ada dalam berbagai kondisi. Belajar dan terus belajarlah untuk bisa menghargai orang, dan ketahui serta pahamilah akibat dari mentertawakan kesusahan orang lain.

About these ads
  1. Tina basith
    07/23/2012 pukul 10:29 am

    Ah dodol..yg bnr dooonk..soal’a gw sering ngintipin profil ssorang hehehe..

  2. 06/06/2012 pukul 4:48 pm

    I need to to thank you for this great read!
    ! I certainly enjoyed every bit of it. I have got you bookmarked to check out new things you post…

  3. 01/30/2012 pukul 5:44 am

    kalo di Netlog pasti ada laporannya siapa aja pengunjung profil qta

  4. kontol
    05/18/2011 pukul 11:23 pm

    Monyong!!!! Berarti yg bener yg mana??!!!! Artikel ini, atau group group yg ada di FB? Jangan membingungkan dong…sebagai orang awam, gue kan jadi bingung !!! Kontol atuhhh! [maaf , lagi kesal !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!]

    • 05/19/2011 pukul 9:52 am

      Maksudnya dgroug mana gan?

  5. melia andini
    04/01/2011 pukul 3:14 pm

    kalo yg paling sering ngeliatin profil sy n trus mau ninggalin uang buat saya sich…mau donk sy tahu siapa dia..tp kalo gak ninggalin apa2..rugi ah..apalagi kalo pas dia ketawa ..mulutnya tampak seperti gambar yg di samping ini…..croco..dile…wkwkwkw…

  6. Mas iLul
    02/05/2011 pukul 5:35 pm

    ya. meski tdk tau siapa yg mengunjungi kita, minimal kita tau berapa orang yg telah melihat profile kita, kaya wordpress gtu. ada ndak?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: